Laman

Minggu, 02 Januari 2011

ASAM BASA


Asam mempunyai rasa masam. Contohnya, cuka dapur mempunyai rasa masam karena di dalamnya terkandung asam asetat, vitamin C mempunyai rasa masam karena di dalamnya terkandung asam askorbat, dan jeruk nipis mempunyai rasa masam karena mengandung asam sitrat.
Basa mempunyai rasa pahit dan licin bila dipegang. Contohnya, kapur sirih mempunyai rasa pahit dan sabun bila dipegang terasa licin.
Beberapa teori yang menjelaskan sifat asam dan sifat basa, antara lain Arrhenius (1887), Bronsted dan Lowry (1923), serta Lewis (1923).
Menurut Arrhenius, asam didefinisikan sebagai zat-zat yang dapat memberikan ion hidrogen (H+) atau ion hidronium (H 3 0+) bila dilarutkan dalam air, atau zat yang dapat memperbesar konsentrasi ion H+ dalam air. Berikut ini diberikan beberapa contoh asam kuat, sehingga reaksi dinyatakan dengan satu tanda panah. Mengapa demikian? Hal tersebut disebabkan karena asam kuat dianggap terionisasi sempurna, sehingga reaksi hanya dari kin ke kanan.
Menurut Arrhenius, basa didefinisikan sebagai zat-zat yang dalam air menghasilkan ion hidroksil (OH-), atau zat yang dapat memperbesar konsentrasi ion OH- dalam air. Bagaimanakah penulisan reaksi ionisasi untuk basa kuat? Cobalah kalian perhatikan lagi dan pahami lagi reaksi ionisasi asam kuat. Basa kuat juga terionisasi hampir sempurna.

Silahkan baca selengkapnya di buku kimia yudistira
sebagai bahan pengayaan silahkan download konsep materi dari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar